Mengenal Harddisk Komputer secara mendalam

Kali ini kita akan belajar mengenal harddisk komputer secara mendalam, mulai dari sejarah sampai perkembangan harddisk hingga saat ini.

Harddisk merupakan media penyimpanan yang dibuat untuk digunakan sebagai media penyimpanan data dalam kapasitas dan jumlah yang besar. Penemuan Harddisk dilatarbelakangi dengan semakin berkembangnya sistem operasi dan program atau aplikasi yang tidak mungkin disimpan dalam sebuah keping disket, dan juga untuk memenuhi kebutuhan media penyimpanan data yang semakin besar dari hari ke hari.

Selain itu, penggunaan harddisk juga diimbangi dengan kecepatan akses datanya. Kecepatan akses suatu harddisk jika dibandingkan disket sangat jauh. Ini dikarenakan harddisk memiliki mekanisme akses yang berbeda dan menggunakan teknologi yang tentu lebih baik jika dibandingkan disket biasa. Bayangkan jika tidak ada harddisk, berapa banyak disket yang harus kita persiapkan, misalnya untuk menyimpan data 1GB, kita harus menyiapkan disket sebanyak sekitar 711 keping disket berkapasitas 1,44MB

No comments:

Post a Comment