Membuat Drive DVD Virtual di Windows Explorer dengan UltraISO


Bagi anda yang suka bermain Game masa kini, seperti Football Manager, tentu merasa repot ketika akan memainkan game tersebut ternyata harus memasukkan CD atau DVD game ke drive CD/DVD-ROM karena akan membuat akses ke game menjadi sedikit lambat, juga beresiko ketika keping CD/DVD rusak maka otomatis game yang sudah dibeli tadi tidak bisa dimainkan lagi.

Untuk itu kali ini saya akan membagi sedikit panduan bagaimana membuat virtual drive CD/DVD di komputer kita sehingga kita tidak harus memasukkan keping CD/DVD ke dalam drive lagi, karena kita mempunyai semacam salinan CD tersebut di komputer kita.

Untuk membuat file iso dari CD/DVD dan membuat virtual drive di windows explorer, kita membutuhkan sebuah tool atau software khusus bernama UltraIso. anda bisa membeli software ini, atau mencoba versi trialnya DISINI

Langkah-langkah membuat Virtual Drive dengan Ultra ISO:

  • Install Ultra Iso seperti biasa anda menginstall software lain. Klik dua kali file master setup ultra iso.exe
  • Kemudian klik Next untuk melanjutkan instalasi
  • Pilih I accept the agreement sebagai tanda kita setuju dengan perjanjian antara pihak UltaIso dengan kita sebagai pengguna.
  • Kemudian kelik Next
  • Klik Next lagi
  • Klik Install untuk memulai instalasi

  • Tunggu sampai selesai, terakhir klik Finish. Setelah instalasi selesai, program akan dijalankan untuk pertama kali, dibagian ini kita diminta memasukkan kode registrasi yang kita dapat sewaktu membeli program ini, atau kalau mau mencoba dulu kita bisa mencoba versi trial selama 30 hari.
  • Selanjutnya ini adalah tampilan utama program UltraIso, untuk membuat drive virtual cd, klik menu option - configuration. kemudian pilih tab virtual drive, tentukan berapa jumlah virtual drive yang akan dibuat, terakhir klik OK.
  •  Selanjutnya untuk membuat Image Iso dari keping CD atau DVD, klik menu Tool - Make VD/DVD Image, pilih CD/DVD sumbernya, tentukan juga di folder mana file ISO nanti akan disimpan, langsung klik Create, tunggu sampai selesai.

Demikian sedikit tutorial Cara Membuat Virtual Drive CD/DVD di Windows Explorer menggunakan Program UltraISO. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.
Selain untuk syarat memainkan game-game baru, virtual drive cd/dvd juga bisa kita manfaatkan untuk membuat Master Instalasi Sistem Operasi dengan bantuan program lain yaitu Wintoflash, silahkan baca panduan cara menginstall windows 8.1 dengan flashdisk disini.

1 comment: