Belajar Jaringan, Mengenal Apa itu MAC Address

Belajar Jaringan, Mengenal Apa itu MAC Address. MAC Address atau singkatan dari Media Access Control Address, bisa juga kita sebut Physical Address, Ethernet Address, ataupun Hardware Address. adalah kombinasi angka dan huruf-huruf yang bersifat unik yang tertanam pada sebuah peripheral jaringan seperti LAN Card maupun Wifi card, baik itu perangkat di komputer desktop, laptop/notebook, maupun smartphone.

Pada tujuh lapisan model OSI, MAC Address ini diimplementasikan pada lapisan data-link, yaitu lapisan yang merepresentasikan atau mewakili sebuah titik (node) tertentu dalam jaringan. Dengan adanya MAC Address, maka sebuah perangkat jaringan dapat saling berkomunikasi tanpa khawatir adanya tumbukan atau persamaan nomor MAC Address, karena MAC Address ini terdiri dari 48-bit angka dan huruf yang unik.

Bagaimana cara mengetahui MAC Address dari sebuah perangkat jaringan di komputer maupun smartphone kita?

Bagi anda pengguna komputer ber-OS Windows, cara mengetahui MAC Address sangat mudah, ikuti langkah-langkah berikut:
  • Buka jendela Run dengan menekan tombol kombinasi Windows + R
  • Pada jendela Run, ketik perintah CMD, kemudian tekan enter
  • Kemudian pada jendela CMD yang muncul, ketik perintah ipconfig /all untuk menampilkan alamat physical address dari semua perangkat jaringan yang terinstall di komputer kita.




  • Maka akan muncul daftar Mac Address dari semua perangkat jaringan yang terpasang di komputer kita, perhatikan gambar yang diberi lingkaran kuning, itu adalah contoh MAC Address untuk LAN Card dan Wifi Card yang terpasang di Laptop saya.

    Sedangkat untuk pengguna Smartphone khususnya Android, ikuti langkah-langkah berikut:
    • Buka menu Pengaturan
     
    • Pilih menu Tentang Ponsel
    • Pilih menu Status
     
    • Lihat ke bagian bawah, disitu akan ditampilkan informasi IP address dan MAC Address dari perangkat Wifi di Smartphone kita.
     
    Demikian artikel singkat tentang Apa itu MAC Address dan bagaimana cara mengetahui MAC Address dari perangkat jaringan di komputer maupun Smartphone kita.
  • 2 comments:

    1. MAC Address fungsine kngge np pak....?

      ReplyDelete
      Replies
      1. untuk memudahkan router dan perangkat jaringan lainnya untuk secara unik mengidentifikasi setiap jenis perangkat yang melekat pada jaringan

        Delete