Mengenal Varian Terbaru Processor Intel Broadwell untuk Desktop, Mobile dan Server


Seperti yang diharapkan, Intel memperluas jangkauan 14-nm arsitektur CPU Broadwell di lebih dari lini produk yang pagi ini dengan pengenalan rakit seluruh model CPU baru untuk desktop, laptop, dan bahkan server. CPU ini menjanjikan peningkatan efisiensi daya, kinerja clock yang lebih tinggi, dan grafis lebih cepat dari produk berbasis Haswell yang datang sebelumnya.

Seperti dikutip dari situs Techreport.com, Spesifikasi prosesor desktop Broadwell terlihat seperti berikut:

Semua produk ini pada dasarnya sama dan cenderung hanya varian dari satu jenis silikon die.
Dua produk yang paling menarik untuk dipakai dalam merakit PC adalah Core i7-5775C dan Core i5-5675C. Kedua bagian prosesor yang menjanjikan untuk dapat dipasang ke motherboard Z97 yang ada. Mereka berdua dibuka untuk overclocking yang mudah, dan keduanya memiliki inti quad core dengan Peak Turbo Clock 3,6 dan 3.7GHz.
Terlepas dari kenyataan bahwa, mereka tidak khas high-end enthusias. Model C-series ini memiliki relatif konsumsi daya 65W dan datang dengan Intel Iris Pro 6200 grafis- yang menunjukkan kinerja yang lebih tinggi berkat adanya 128MB embedded DRAM yang bertindak sebagai cache grafis dan sebagai cache L4 untuk seluruh inti prosesor.
Akibatnya, desktop Broadwell mungkin memiliki lebih banyak daya tarik bagi mereka yang ingin membangun sebuah sistem komputer yang dingin, sistem kompak seperti PC home theater atau mini-ITX rig daripada sistem ATX-ukuran tradisional yang digunakan oleh gamer dan power user. Dinamis yang dapat diubah oleh beberapa hasil overclocking benar-benar menjanjikan, tapi kita harus melihat. Intel mengatakan ulasan sampel desktop Broadwell chip bisa dikapalkan dengan segera, tapi kami belum memiliki informasi yang pasti.
Core i7-5775C akan memiliki quad core dan delapan benang melalui Hyper-Threading dan menjual untuk $ 366. I5-5675C akan memiliki quad core dengan quad benang dan akan daftar untuk $ 276.
Desktop Broadwell bagian lain dimaksudkan untuk all-in-one PC dan sistem-form-factor kecil seperti lineup Intel NUC. Mereka dimaksudkan untuk BGA-gaya pemasangan, non-socket processor, dan akan dikonsumsi terutama oleh produsen PC besar.

Di atas adalah daftar dari lima model yang berbeda dari bagian Broadwell mobile yang diperkenalkan Intel untuk digunakan terutama di laptop yang lebih besar seperti laptop yang berfokus pada game, Luggables, dan pengganti desktop. Semuanya memiliki kekuatan konsumsi daya 47W, jauh di atas kisaran chip Broadwell yang ada. Sebagian besar dari mereka memiliki empat core, delapan hardware threads, 6MB L3 cache, dan Iris Pro grafis dengan eDRAM bertindak sebagai cache L4. Kecepatan clock puncak berada di kawasan pertengahan 3GHz. Akibatnya, Intel mengharapkan mereka untuk memberikan kinerja yang jauh lebih tinggi dari prosesor Broadwell berbasis sebelumnya.


 Demikian sedikit review tentang keluarga terbaru dari processor Intel, kita tunggu saja kehadirannya dipasaran Indonesia.

No comments:

Post a Comment