Samsung Galaxy Grand 2 SM-G7102, Penerus Generasi Phablet Samsung

Phablet android yang diumumkan pada november 2013 dan dirilis pada januari 2014 ini merupakan penerus dari pendahulunya yaitu galaxy grand 1 telah telah ada sejak Desember 2012. Spesifikasi yang diusung Samsung Galaxy Grand 2 SM-G7102 dipastikan lebih tinggi dari pendahulunya. Namun, ada beberapa fitur yang tidak mengalami perubahan, diantaranya adalah kamera yang masih berkekuatan 8 mp. Sedangkan yang mengalami peningkatan adalah pada sektor processor dimana phablet ini sudah menggunakan processor Quadcore diikkuti dengan RAM sebesar 1,5 GB sehingga dipastikan performa dari phablet ini menawarkan kinerja yang lebih baik dari pendahulunya.

1. Kelebihan Samsung Galaxy Grand 2 SM-G7102

Phablet android buatan samsung ini bergerak di jaringan GSM yang telah mengusung akses internet berkecepatan tinggi 3G HSDPA, namun juga menyertakan GPRS dan EDGE untuk mereka yang berada di luar area 3G. Phablet ini juga menyediakan slot Dual SIM yang dapat digunakan dengan kartu SIM card GSM yang bisa diaktifkan secara bersamaan. Keduanya mendukung akses internet 3G HSDPA. Ukuran layar yang luas yaitu 5,25 inci, dengan layar yang luas tentunya pengguna bisa lebih leluasa dalam menavigasi menu pada layar handphone. Untuk ukuran bentang layar 5,25 inci, resolusi yang ditawarkan cukup tinggi yaitu 720 x 1280 piksel dengan ketajaman layar 280 ppi

Samsung Galaxy Grand 2 SM-G7102 menyediakan kapasitas penyimpanan internal yang cukup besar yaitu 8 gb, namun hanya 5,7 GB yang bisa digunakan oleh pengguna, karena terpotong untuk sistem operasi dan aplikasi default. Slot penyimpanan eksternal jenis micro SD juga tersedia pada gadget ini, dengan ini pengguna bisa meningkatkan kapasitas simpan hingga 64 GB . Denagn mengadopsi sistem operasi yang modern yaitu android jelly bean versi 4.3, yang memungkinkan untuk menginstal banyak aplikasi android di playstore. Bagian GPU atau unit pemrosesan grafis menggunakan Adreno 305 yang mampu menampilkan kinerja grafis yang cukup baik. Untuk sektor fotografis masih sama dengan pendahulunya yaitu kamera berkekuatan 8 mp dengan resolusi maksimum 3264 x 2448 piksel , dilengkapi dengan lampu flash led, auto fokus, Geo-tagging, touch focus, face and smile detection, image stabilization. Kamera juga mampu melakukan perekaman video HD pada 1080p@30fps, dengan kemampuan merekam audio stereo. Untuk keperluan video call atau video chat galaxy grand mengusung kamera depan berkekuatan 1,9 mp. Adanya fitur wifi hotspot yang bisa digunakan untuk mengakses internet via wifi dan juga berbagi koneksi internet dengan perangkat lain yang memiliki wifi, wifi juga mendukung fitur DLNA dan juga wifi direct yang bisa digunakan untuk mentrasnfer data antara perangkat melalui wifi. Kapasitas baterai yang cukup besar yaitu 2600 mAh, dengan ini Samsung Galaxy Grand 2 SM-G7102 bisa melakukan panggilan suara hingga 17 jam dan standby selama 370 jam.

2. Kekurangan Samsung Galaxy Grand 2 SM-G7102 

Kekurangan dari gadget ini tidak terlalu signifikan. Diantaranya pada segi kenyamanan, memiliki ukuran layar yang ekstra luas yaitu 146.8 x 75.3 x 8.9 mm sehingga kurang nyaman jika dimasukkan dalam saku pakaian. Layar yang digunakan adalah layar sentuh kapasitif standar, bukan amoled ataupun IPS namun mampu menampilkan gambar cukup bagus. Layar belum dilapisi dengan pelindung layar seperti corning gorilla glass dan belum adamya fitur video output menjadi beberapa kelamahan dari gadget ini.

No comments:

Post a Comment