Cara Mematikan Jaringan CDMA pada Smartfren Andromax C3

Cara Mematikan Jaringan CDMA pada Smartfren Andromax C3 - Smartfren Andromax C3 merupakan salah satu smartphone Kitkat termurah yang ada di pasaran saat ini, harganya hanya 499.000
Selain itu fitur-fiturnya juga lumayan lengkap dan cepat untuk sekedar browsing atau membuka Facebook.
Untuk menikmati kecepatan tinggi di Andromax C3 ini pengguna bisa mengandalkan koneksi EVDO dengan kecepatan setara 3G, tapi kecepatan ini hanya berlaku di kota-kota besar yang sudah ada jaringan EVDO nya, sementara di kota-kota kecil apalagi di pedesaan jaringan EVDO belum merata, dan hanya mendapat jaringan CDMA 1x yang lebih lambat setara GPRS atau 2,5G/EDGE.
Alhasil karena lambatnya kecepatan jaringan CDMA 1x di desa, berakibat pada konsumsi daya baterai yang cepat sekali habis, ketika berselancar menggunakan jaringan CDMA.
Untuk itu, kali ini saya akan coba berbagi sedikit tips untuk mematikan jaringan cdma untuk sedikit menghemat konsumsi baterai pada smartphone buatan Smartfren, khususnya Smartfren Andromax C3 seperti yang saya miliki. tapi tutorial ini bisa juga diterapkan untuk jenis Andromaz yang lain, seperti Andromax C, C2, G, U, i dan lain-lain.

Mengapa kita perlu mematikan jaringan CDMA? hal ini kita lakukan terutama kalau di daerah kita sinyal cdma sangat sulit didapatkan atau bahkan belum terjangkau jaringan CDMA. Karena kalau kita tetap menyalakan CDMA sementara kita tidak bisa menggunakannya kan percuma, malah hanya akan menguras baterai, sehingga baterai cepat habis, karena smartphone C3 kita akan terus bekerja berat mencari sinyal operator Smartfren.

Nah untuk mematikan jaringan CDMA pada Andromax C3 caranya sangat mudah, anda hanya perlu sebuah tool atau software yang dapat didownload di Google Play Store, namanya AnyCut.

Silahkan anda masuk ke PlayStore dan cari aplikasi yang bernama AnyCut tadi.

  • Setelah didownload, aplikasi akan otomatis terinstall pada Andromax C3 kita. Kemudian jalankan aplikasinya dengan mengklik icon aplikasi AnyCut pada layar Andromax C3
  • Kemudian jalankan aplikasi Anycut tadi, tampilannya seperti dibawah ini:
 
  • Klik tombol biru New Shorcut untuk membuat shorcut baru di layar utama
  • Gulir ke bawah dan acri menu Pilih berlangganan.
 
  • Selanjutnya beri nama shorcut yang kita buat tadi sesuka anda, misalnya CDMA off, klik OK, shorcut baru akan tercipta di layar hp anda.
  • Klik Shortcut baru CDMA off tadi maka akan tampil halaman seperti dibawah ini, ubahlah pilihan pada  kartu 1/SUB 1 dari RUIM ke Global. Sementara kartu 2 biarkan seperti apa adanya. Tekan Oke untuk menyimpan.
  • Jika semua sudah benar, akan tampil pesan berhasil menetapkan langganan. Klik Oke untuk menutup.
  • Selamat, sekarang Andromax C3 kita sudah dinonaktifkan jaringan CDMA-nya. Kita bisa lebih menghemat baterai jika tidak menginginkan mengaktifkan dua kartu.
  • Untuk diketahui trik ini hanya mematikan sinyal CDMA saja, tapi belum bisa merubahnya menjadi Dual GSM atau Single GSM. Untuk merubah Andromax C3 menjadi Dual GSM atau Single GSM ikuti panduannya pada artikel Cara merubah Smartfren Andromax Menjadi Dual GSM disini