7 Tips Memaksimalkan Kinerja Komputer Windows 8.1

Tips untuk memaksimalkan kinerja komputer Windows 8.1 kali ini akan membahas bagaimana membuat komputer kita selalu dalam kondisi prima sehingga selalu siap untuk diajak bekerja kapan pun kita butuhkan. Tanpa kita sadari terkadang komputer atau laptop yang kita pakai sehari-hari lama-lama akan terasa lambat padahal kita hanya memakainya untuk mengetik di aplikasi pengolah kata atau pengolah angka atau hanya untuk browsing informasi di internet.

Nah, kali ini saya akan coba membagi Tips bagaimana memaksimalkan kinerja komputer supaya komputer desktop atau laptop terutama yang menggunakan sistem operasi windows 8.1, selalu dalam kondisi prima. 

1.    Selalu update Windows secara rutin.
 Jika komputer windows kita terhubung ke internet, usahakan untuk selalu mengupdate windows secara berkala, minimal seminggu atau dua minggu sekali. Hal ini untuk menjaga komputer selalu mendapatkan fitur-fitur terbaru dari Windows. dengan mengupdate windows kita juga mendapatkan perlindungan yang lebih baik dari serangan-serangan program jahat yang bertebaran di internet.
Untuk mengupdate windows, anda bisa masuk melalui control panel, pilih Windows Update.
kemudian kita bisa mengaktifkan Update ini secara otomatis.


2.   Matikan service atau program yang tidak penting di startup

Mematikan service atau program bertujuan untuk meringankan kerja sebuah komputer dengan mengurangi service atau program yang otomatis berjalan ketika komputer kita pertama kali dinyalakan. untuk melakukannya kita bisa masuk ke menu Task Manager, caranya klik kanan pada Taskbar di bawah layar desktop, kemudian pilih Task Manager

 Kemudian setelah tampil Task manager model simple, klik More details. Selanjutnya klik tab Startup di jendela Task Manager model komplit.
Dari sini kita bisa mematikan service atau program yang otomatis berjalan ketika komputer dinyalakan dengan merubah status dari enable menjadi "Disable" terutama yang mempunyai impact High, karena program-program ini akan memakan banyak ruang memori RAM sehingga berpotensi membuat kinerja komputer jadi lambat.

3.   Selalu update database antivirus

Sebenarnya Windows 8.1 sudah menyediakan fitur keamanan yang cukup canggih dan handal bernama Windows Defender yang ampuh menangkal berbagai serangan dari pihak luar. Tetapi jika kita kurang pusa dengan Windows Defender dan memutuskan untuk menginstal program antivirus lain, usahakan selalu mengupdate database antivirus yang kita pakai minimal sebulan sekali. Hal ini untuk menjaga antivirus yang kita pakai selalu dalam kondisi bagus dan siap menangkal berbagai serangan virus atau trojan yang mengganggu kinerja komputer kita.

4.   Upgrade RAM

Kalau memungkinkan Upgrade memory utama (RAM) komputer kita diatas rata-rata standard pabrik. Dengan mengupgrade atau menambah kapasitas RAM maka kinerja komputer kita juga akan meningkat kecepatannya secara signifikan.

5.   Bersihkan Cache temporary file di harddisk

Hal ini bertujuan untuk membuang file-file sisa program yang mungkin masih tersimpan di harddisk. Caranya dengan masuk ke C:\Windows\Prefetch pilih semua file yang ada kemudian delete.

6.   Bersihkan  folder Recycle Bin

Recycle Bin adalah semacam tempat sampah yang menampung sementara file-file yang kita hapus sebelum dibuang secara permanen ke tempat pembuagan akhir. Recycle bin mengambil sekitar 10% dari kapasitas harddisk di masing-masing partisi, jika recycle bin ini sudah penuh maka akan berpotensi memperlambat kinerja komputer kita.

7.    Cek Kapasitas masing-masing Partisi harddisk.

Hal ini untuk memantau kondisi harddisk kita jangan sampai kehabisan ruang kosong di tiap-tiap partisi. karena semakin kecil ruang kosong akan membuat kinerja komputer menjadi semakin lambat.

Demikian beberapa tips memaksimalkan kinerja komputer yang perlu kita perhatikan dalam memakai komputer, supaya komputer kita selalu dalam kondisi sehat dan prima. 

No comments:

Post a Comment