Begini Cara Mudah Meningkatkan Kapasitas RAM pada Komputer

Begini Cara Mudah Meningkatkan Kapasitas RAM pada Komputer - RAM merupakan komponen komputer/laptop yang perannya penting sehingga kinerja komputer/laptop dapat lebih optimal. Semakin besar kapasitas RAM maka akan semakin optimal kinerja komputer/laptop, sehingga sebaiknya anda berusaha meningkatkan kapasitas RAM dengan cara-cara ini


Komputer merupakan salah satu barang elektronik yang kini perannya sangat penting untuk kehidupan manusia modern, pasalnya komputer dapat membantu memudahkan pekerjaan manusia, khususnya bagi mereka yang pekerjaannya berkaitan dengan data. Sayangnya, ukuran komputer yang tergolong besar tergolong cukup merepotkan penggunanya, apalagi bagi mereka yang memiliki mobilitas tinggi, oleh sebab itu pabrikan komputer akhirnya memproduksi komputer jinjing atau yang lebih dikenal dengan sebutan laptop yang ukurannya lebih kecil dan ringan sehingga mudah dibawa kemana-mana.

Di dalam sebuah komputer baik itu yang berukuran besar ataupun laptop yang ukurannya lebih kecil terdapat beragam komponen yang berkaitan satu sama lain sehingga pada akhirnya dapat membuat komputer/laptop tersebut dapat bekerja dengan optimal. Salah satu komponen komputer yang perannya sangat vital adalah RAM. Random Access Memory atau yang lebih dikenal dengan singkatannya yaitu RAM adalah komponen yang membantu kerja prosesor karena berfungsi sebagai tempat menyimpan data untuk sementara waktu sebelum akhirnya data tersebut dieksekusi oleh prosesor. Pada dasarnya, semakin besar kapasitas RAM dalam sebuah komputer/laptop maka akan semakin baik pula kinerja komputer/laptop tersebut.

Nah, sayangnya tidak semua komputer dilengkapi dengan spesifikasi RAM yang kapasitasnya cukup besar, oleh sebab itu sebaiknya anda mengusahakan agar kapasitas RAM pada komputer anda tersebut lebih besar. Lalu bagaimana caranya? Berikut ini ada beberapa cara meningkatkan kapasitas RAM komputer yang dapat anda coba :
  • Menggunakan RAM fisik
Bila anda menggunakan cara ini, maka yang perlu anda lakukan tentunya adalah mengganti RAM lama dengan RAM baru yang kapasitasnya lebih besar. Selain mengganti RAM lama dengan yang baru, anda juga dapat meningkatkannya dengan cara menambah RAM lain, namun cara yang satu ini hanya dapat anda lakukan bila komputer tersebut memiliki dua slot RAM. Untuk melakukan cara ini, termasuk susah-susah gampang, hal pertama yang harus anda lakukan adalah memastikan terlebih dahulu jenis/tipe RAM yang sesuai dengan komputer anda (DDR1/DDR2/DDR3/DDR4). Setelah itu, buka casing CPU atau body belakang laptop anda dengan menggunakan obeng, kemudian ganti RAM yang lama dengan RAM baru yang kapasitasnya lebih besar atau bila komputer anda memiliki 2 slot RAM, maka tambahkan satu RAM lagi. Setelah RAM baru terpasang dengan sempurna maka kembalikan casing CPU atau body belakang laptop seperti semula.
  • Menggunakan Aplikasi
Cara meningkatkan RAM yang satu ini cukup terbukti dapat mengoptimalkan kinerja komputer/laptop. Untuk menggunakan cara ini, anda perlu bantuan sebuah aplikasi yang bernama Ebooster. Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah mengunduh aplikasi Ebooster http://www.eboostr.com/trial-download Kemudian install dan jalankan aplikasi tersebut. Setelah aplikasi aktif maka anda dapat merasakan perbedaan kinerja komputer sebelum dan sesudah menggunakan aplikasi ini
  • Menggunakan Virtual Memory
Cara ini dapat anda lakukan dengan metode mengambil sedikit bagian dari Hard Disk (HDD) agar dapat dijadikan sebagai RAM virtual. Untuk melakukan cara ini yang perlu anda lakukan adalah, seperti berikut ini :

  1. Klik start > Klik kanan “Computer” > Pilih “Properties”
  2. Pilih “Advanced System Settings”
  3. Selanjutnya, klik “Settings” pada tab “Advanced”
  4. Kemudian klik “Change”
  5. Hilangkan tanda centang pada “Automatically manage paging file size for all drivers”
  6. Kemudian pilih partisi HDD yang ingin anda jadikan sebagai RAM virtual. Contohnya bila HDD anda memiliki 65000 MB maka anda dapat masukkan 4000 MB pada “Initial Size” dan 8000 MB pada “Maximum Size”
  7. Selanjutnya, langkah terakhir adalah klik Ok dan restart komputer anda
  • Menggunakan Flashdisk 
Bagi pengguna Windows Vista ke atas, anda bisa menggunakan flashdisk untuk memperbesar kapasitas RAM. Untuk menggunakan cara ini anda memerlukan flashdisk yang memiliki kapasitas setidaknya sebesar 4 GB atau 8 GB, setelah itu colokkan flashdisk pada komputer atau laptop anda. Kemudian setelah flashdisk terdeteksi, masuk ke My Computer dan klik kanan pada flashdisk anda kemudian pilih “Properties”. Lalu, klik “Ready Boost” dan selanjutnya pilih “Use this device” kemudian pilih OK. Setelah itu, beri tanda centangpada “Use this device” dan atur kapasitas flashdisk yang akan anda gunakan untuk meningkatkan RAM komputer/laptop anda.

No comments:

Post a Comment