5 Tips Membeli Hard Disk Eksternal yang Berkualitas

5 Tips Membeli Hard Disk Eksternal yang Berkualitas - Hard disk eksternal merupakan salah satu barang yang cukup penting bagi anda yang gemar dan juga sangat perlu menyimpan berbagai jenis data/file didalam laptop. Agar hard disk internal laptop tidak terlalu penuh sehingga dapat mempengaruhi kinerja laptop tersebut, maka sebaiknya simpan sebagian atau bahkan semua data/file tersebut ke dalam hard disk eksternal. Namun, sebelum membeli hard disk eksternal pastikan bahwa hard disk tersebut berkualitas tinggi agar anda tidak kecewa.
Hardisk eksternal
Kini semakin banyak orang yang lebih tertarik menggunakan laptop daripada komputer, karena menurut mereka laptop lebih praktis dan dapat dengan mudah dibawa kemana-mana. Nah, bila anda termasuk salah satu pengguna laptop dan gemar menyimpan beragam jenis file mulai dari dokumen, foto, musik, hingga video didalam laptop maka sebaiknya anda mempertimbangkan untuk menambah kapasitas penyimpanan datanya dengan menggunakan hard disk eskternal, agar anda tidak perlu khawatir ketika hard disk internal laptop anda sudah hampir tidak dapat menampung lagi data/file yang akan anda simpan.

Pada dasarnya, fungsi hard disk eksternal hampir sama dengan micro SD card pada smartphone, yaitu untuk tempat penyimpanan data/file, sehingga anda dapat menyimpan data/file dalam jumlah yang lebih banyak. Selain itu, hard disk eksternal juga dapat meningkatkan kinerja laptop anda sebab perlu anda ketahui, bila hard disk internal terlalu penuh oleh data/file maka hal tersebut juga dapat berpengaruh kepada performa laptop tersebut.

Saat ini, sudah cukup banyak tersedia hard disk eksternal di pasaran dengan beragam varian yang dapat anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan budget yang anda miliki, Bila dilihat dari ukurannya pun, saat ini hard disk cenderung memiliki ukuran fisik yang mungil sehingga mudah pula untuk dibawa kemana-mana, namun meskipun ukuran fisiknya cukup mungil, rata-rata hard disk eksternal memiliki kapasitas penyimpanan data/file yang sangat besar. Nah, jika saat ini anda sedang kebingungan dalam memilih hard disk seperti apa yang tepat untuk anda dan juga memiliki kualitas yang baik sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama, maka berikut ini ada beberapa tips memilih hard disk eksternal berkualitas yang perlu anda perhatikan :
  • Kecepatan dan Konektifitas Hard Disk Eksternal

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kecepatan pada hard disk diantaranya seperti kecepatan rotasi dari piringan hard disk dan juga kecepatan rotasi yang berasal dari port USB. Performa sebuah hard disk eksternal akan semakin bagus bila putaran RPMnya semakin besar. Misalnya seperti, hard disk eksternal dengan kecepatan 7200 rpm tentunya performanya akan lebih bagus bila dibandingkan dengan hard disk yang memiliki kecepatan hanya sebanyak 5400 rpm. Sementara itu, bila anda menggunakan laptop dengan port USB 3.0 maka hard disk eksternal yang anda gunakan juga yang menggunakan port USB 3.0, pasalnya port tersebut memiliki kecepatan hingga mencapai 5 gbps sedangkan untuk USB 2.0 kecepatannya hanya 450 mbps. Bukan hanya itu saja, hard disk dengan port harddisk 3.0 dapat digunakan pula pada laptop atau komputer yang menggunakan USB port 2.0.
  • Sistem Operasi

Sesuaikan format hard disk dengan sistem operasi laptop yang anda gunakan, sebab bila tidak sesuai maka sudah pasti hard disk eksternal tersebut tidak dapat digunakan. Bila anda yang menggunakan laptop berbasis Windows maka anda perlu menggunakan hard disk eksternal yang memiliki format NTFS sedangkan bila anda menggunakan laptop MAC maka anda perlu membeli hard disk eksternal yang memiliki format HFS+
  • Kapasitas Penyimpanan

Pastikan kapasitas penyimpanan hard disk eksternal sesuai dengan kebutuhan anda, agar semua data/file yang ingin anda simpan dapat tertampung semua ke dalam hard disk eksternal tersebut. Bila anda hanya ingin menyimpan file berupa dokumen, foto, musik dan video maka hard disk eksternal berkapasitas 500 GB - 1 TB sepertinya sudah cukup untuk menampung beragam file tersebut, namun bila anda juga ingin menyimpan beragam game dan juga software berukuran besar maka sepertinya anda perlu membeli hard disk eksternal dengan kapasitas diatas 1 TB.
  • Fitur Hard Disk Eksternal

Sebaiknya anda memilih hard disk eksternal yang dilengkapi dengan berbagai fitur pendukung, misalnya seperti fitur backup dan password protection
  • Bentuk dan Casing Hard Disk Eksternal 

Pilih hard disk eksternal yang ukuran fisiknya cukup mungil dan ringan sehingga mudah dan nyaman dibawa kemana-mana. Selain itu, pilih hard disk eksternal yang memiliki casing terbuat dari bahan karet agar lebih aman dari benturan.

No comments:

Post a Comment