File manager, aplikasi pengelola file yang simple tapi sangat powerfull

Sebuah aplikasi pengelola file itu akan sangat berguna jika kaya akan fitur tapi tetap powerfull. Banyak aplikasi pengelola file yang menyediakan banyak fitur tapi memiliki desain yang hanya cocok untuk smartphone dengan ukuran lebar dan tablet. Dari sekian banyak aplikasi pengelola file yang tersedia untuk smartphone android, aplikasi file manager ini adalah yang paling sederhana tapi memiliki banyak fitur. Jika anda ingin aplikasi yang simple, maka aplikasi ini jawabannya.

Apa itu File manager?

Sesuai namanya 'File Manager', aplikasi yang satu ini memang dikhususkan untuk keperluan mengatur file. Aplikasi ini didesain dengan sederhana tapi dilengkapi fitur yang tidak sederhana. Aplikasi ini sangat berguna bagi anda yang menginginkan aplikasi mumpuni yang bisa dijalankan dengan ringan dan cepat. Yang unik dari apliksai ini adalah fitur recent file-nya, dimana aplikasi ini akan menampilkan file-file yang terakhir anda buka dan kapan anda mengaksesnya. Dan selain itu, kelebihan lain dari aplikasi ini adalah sifatnya yang gratis. Jadi anda tidak perlu membayar untuk menggunakan fitur-fitur yang sudah tersedia.

Apa saja fitur yang dimiliki?

Meskipun aplikasi ini terlihat sederhana, tapi aplikasi ini memiliki fitur yang sangat mumpuni. Aplikasi ini memiliki fitur untuk koneksi jaringan, konekai ke layanan cloud storage, file transfer, optimimize space, dll. Pada menu koneksi jaringan (network), ada dapat menghubungkan smartphone anda dengan jaringan LAN, FTP, SFTP dan WebDAV. Untuk layanan cloud storage, aplikasi mendukung layanan Google Drive, Dropbox, Onedrive, box, sugarsync dan yandex.disk. Untuk layanan file transfer sendiri, aplikasi ini mendukung portable hotspot dan transfer ke PC. Kedua layanan ini hanya bisa digunakan dengan jaringan wifi.

Selain fitur untuk sharing data, aplikasi ini juga dilengkapi fitur untuk mengoptimalkan media penyimpanan anda. Fitur ini berupa junk file cleaning dan storage analysis. Sayangnya, jika anda memilih junk file cleaning, maka anda akan diarahkan untuk mendownload aplikasi lain. Tapi jika anda memilih storage analysis, maka aplikasi ini akan menscan dan menampilkan folder dan file dengan ukuran terbesar ke yang terkecil. Dan jika smartphone anda dalam keadaan root, maka anda bisa menggunakan fitur root explorer untuk menjelajahi folder sistem.

Bagaimana desain tampilannya?

Aplikasi ini memiliki tampilan yang sederhana, bersih dan tetap menarik. Aplikasi ini menggunakan icon dengan desain flat dengan warna jingga muda. Ukurannya pun juga pas, sehingga cocok untuk berbagai ukuran smartphone dan tablet. Sayangnya tidak ada pilihan untuk mengganti warna atau pun bentuk icon standarnya. Untuk masalah tema, aplikasi ini hanya menyediakan 2 pilihan, yaitu cerah dan gelap. Tema cerah dengan background putih menjadi tema standar aplikasi ini. Sedangkan tema gelap akan membuat backgroundnya berwarna hitam.

No comments:

Post a Comment