7 Dasar-dasar Perawatan Komputer (PC) atau Laptop yang Perlu Anda Ketahui

Perawatan PC
Sebagai pengguna komputer (PC), kebanyakan dari kita kurang memahami dan menyadari pentingnya perawatan pada PC kita. Hal ini menyebabkan komputer yang kita gunakan sehari-hari lama-lama akan terasa lambat, walaupun Spesifikasi dari komputer/laptop kita bisa dikatakan cukup memadai bahkan sudah merupakan edisi terbaru.

Masalah-masalah yang sering timbul pada perawatan komputer/laptop/PC, diantaranya: Windows gagal diperbaharui (update) atau tidak diperbaharui sama sekali. Instalasi/update Antivirus yang sudah kadaluwarsa, Overload atau terlalu banyak aplikasi terbuka sementara komputer kita spesifikasinya tidak mencukupi.

Ibarat sebuah kendaraan yang kita pergunakan sehari-hari untuk beraktivitas, kendaraan membutuhkan perawatan ekstra supaya tetap selalu terjaga kondisi dan kesehatan mesin, bodi, maupun roda-rodanya. Begitu pun halnya dengan komputer, komputer juga membutuhkan perhatian yang ekstra dari penggunanya sehingga tetap dalam kondisi prima dan lancar sesuai keinginan pemakainya.

Berikut, ada 7 hal dasar-dasar perawatan komputer yang perlu kita perhatikan dalam penggunaan sehari-hari:
  • Perbaharui / Update Wndows dengan Patch terbaru
Sejak Windows 98, Microsoft telah menyediakan akses ke Windows Update. Windows Update memindai sistem Anda dan update dengan patch keamanan terbaru dan service pack terbaru. Update Ini dibagi menjadi dua type: update Kritis (Critical Update) dan direkomendasikan (Recommended Update).

Sebuah versi baru dari Windows Update, Microsoft Update, juga tersedia. Selain Windows, Microsoft Update juga akan menambal berbagai aplikasi Microsoft, seperti Office dan Windows Defender. Yang terbaik dari itu semua, Anda dapat menjadwalkan pembaruan ini supaya berjalan secara otomatis, sehingga benar-benar tidak ada alasan untuk tidak memiliki sistem yang terbaru. Untuk mengakses Windows Update klik pada tombol Start, All Programs dan cari di daftar update untuk menemukannya.


  • Perbaharui / Update Program Anti Spyware, Anti Malware dan Antivirus dengan Database terbatu.

Selain update Windows, hal yang perlu dilakukan dalam perawatan PC adalah mengupdate Antivirus, Antispyware, dan Antimalware. Secanggih apapun merk antivirus yang kita gunakan, jika tidak diperbaharui database-nya, atau malah tidak berjalan, sudah pasti antivirus tadi tidak ada gunanya, justru akan menambah berat kinerja komputer kita.

Untuk itu, sangat disarankan untuk meng-update antivirus secara berkala, minimal seminggu sekali, atau lebih baik lagi kalau bisa terupdate setiap hari. Untuk Antivirus, anda bisa menggunakan antivirus gratis seperti AVG atau Avira, sedangkan untuk Antimalware anda bisa menggunakan A-Squared dan Malwarebytes.


  • Perbaharui / Update Versi Aplikasi dan Program yang terinstall di komputer.

Percaya atau tidak, semua aplikasi dan utilitas pada sistem Anda rentan terhadap risiko keamanan dan perlu diperbarui secara teratur. Program yang Anda gunakan sehari-hari seperti Adobe Acrobat Reader, QuickTime, RealPlayer, Skype, WinZip dan lain-lain membutuhkan pemeliharaan dan update keamanan dari waktu ke waktu.

Bahkan aplikasi yang berjalan di latar belakang seperti Flash dan Jawa juga beresiko. Anda dapat mencba berbagai macam utility untuk mengecek apakah software tersebut sudah up-to-date, tapi ada sebuah utility bagus yang disebut Secunia PSI yang akan membuat pekerjaan jauh lebih mudah. Utilitas gratis ini melacak sejumlah besar eksploitasi keamanan dalam aplikasi dan secara otomatis akan memonitor PC Anda untuk aplikasi yang rentan terhadap keamanan. Ketika ia menemukan salah satu, itu mengarahkan Anda ke sebuah situs di mana Anda dapat men-download dan menginstal patch yang diperlukan. Program ini adalah sumber tak ternilai untuk menjaga PC Anda aman.

  • Hapus Aplikasi yang tidak digunakan dan sampah lainnya

PC Anda memiliki banyak data non-esensial (misalnya, omong kosong) yang tersimpan di dalamnya, banyak yang Anda bahkan mungkin tidak menyadari. Misalnya, Internet Explorer menyimpan salinan dari halaman web yang Anda kunjungi, gambar dan media untuk melihat lebih cepat kemudian. Plus ada file-file sementara, sejarah Internet Anda, cookie, dan banyak lagi tersebar di seluruh sistem Anda

Salah satu cara termudah untuk mengatasi hal ini adalah dengan menggunakan CCleaner, utilitas freeware untuk optimasi sistem, privasi, dan pembersihan. Alat ini menghapus file yang tidak terpakai dari hard drive dan membersihkan sejarah online. Tapi yang lebih penting, itu termasuk registry cleaner yang luar biasa. Bahkan memiliki uninstaller untuk membantu Anda dalam menghapus aplikasi dari sistem anda.

  • Perhatikan Software yang Anda Install
Banyak aplikasi, terutama freeware, sering mencoba untuk menginstal perangkat lunak tambahan pada sistem Anda. Sebagai contoh, ketika saya menginstal RealPlayer juga memberikan saya pilihan untuk menginstal Google Chrome. Bagi saya, itu bonus. Namun, beberapa aplikasi juga mencoba untuk menginstal hal yang saya tidak inginkan, seperti toolbar tambahan di IE. Dalam hampir semua kasus, Anda akan ditanya apakah setuju atau tidak Anda ingin perangkat lunak tambahan ini dipasang.
Caranya adalah, dan saya tahu ini bisa sulit, adalah bahwa ANDA HARUS PERHATIKAN SELAMA INSTALASI dan benar-benar membaca layar yang popup dengan kata-kata pada mereka dan tidak hanya tanpa berpikir klik "Next" sampai proses selesai. Jika Anda mengikuti tips ini saya dapat menjamin bahwa jumlah sampah diinstal pada sistem Anda akan menurun. Dan jika Anda menemukan sesuatu yang dipasang tanpa izin Anda, uninstall segera. Jika tidak dihapus, menggunakan fitur Window Restore untuk kembali ke konfigurasi sebelumnya. Ini membawa kita ke ujung berikutnya ...
  • Buat System Restore Point
Sebelum Anda menginstal perangkat lunak baru pada sistem Anda, selalu membuat System Restore point. Beberapa software bisa berakibat malapetaka ke sistem anda menyebabkan segala macam masalah aneh. System Restore membantu Anda mengembalikan file sistem komputer Anda ke titik sebelumnya dalam waktu ketika sistem Anda bekerja dengan baik.

Ini adalah cara yang aman untuk membatalkan perubahan sistem komputer Anda tanpa mempengaruhi file pribadi Anda, seperti e-mail, dokumen atau foto. Memiliki restore point secara signifikan dapat mengurangi downtime Anda. Ditambah fungsi ini dibangun langsung ke Windows sehingga ada benar-benar ada alasan untuk tidak melakukannya.

Untuk membuat sistem restore point pergi ke Control Panel dan pilih Backup dan Restore. Setelah Anda membuat restore point, Anda dapat mengakses dan menggunakannya dengan mudah melalui CCleaner.
  • Defragment dan Periksa Hard Drive Anda secara teratur
Dalam rangka membantu menjaga integritas data Anda ada hard drive dua tes yang harus Anda jalankan setidaknya sebulan sekali. Yang pertama adalah untuk Defragment hard drive Anda. Selama penggunaan biasa, file Anda dapat terfragmentasi atau tersebar di seluruh hard drive Anda. Jadi sementara MP3 atau WMV file muncul sebagai file tunggal untuk Anda dalam Windows Explorer, potongan-potongan kecil dari file bisa benar-benar akan tersebar di seluruh hard drive.

Mengumpulkan semua potongan-potongan yang jauh kembali bersama-sama ke sebuah file berdekatan tunggal membuat akses file lebih cepat. Tergantung pada bagaimana terfragmentasi data pada drive Anda, defragmenting itu bisa membuat sistem Anda terasa lebih cepat.

Tes lain kita akan melakukan adalah Periksa Disk. Alat ini memeriksa volume hard disk untuk masalah dan upaya untuk memperbaiki masalah yang ditemukan. Sebagai contoh, dapat memperbaiki masalah yang berkaitan dengan bad-sector, cluster hilang, cross-linked file dan kesalahan direktori. Kesalahan disk merupakan sumber umum dari masalah yang sulit-untuk-lagu, dan menjalankan tes ini secara teratur dapat secara signifikan mengurangi risiko masalah.

Windows memiliki built-in Defragmenter dan utility Scandisk. Untuk mengakses salah satu dari mereka hanya buka Windows Explorer dan klik kanan pada drive yang ingin diperiksa. Pilih Properties dan kemudian klik pada tab Tools. Untuk defragment HD Anda pergi ke bagian Defragmentation dan tekan tombol Defragment sekarang. Untuk melakukan cek disk, pergi ke bagian Error-checking dan tekan Scan Now.

Anda tidak perlu menjadi seorang ahli komputer untuk menjaga komputer Anda berjalan dengan baik. Menyelesaikan masalah ini tidak ada hubungannya dengan pemahaman komputer. Ini ada hubungannya dengan memperhatikan apa yang Anda lakukan dan benar-benar membaca pesan-pesan yang popup di layar selama instalasi. Cukup ikuti langkah-langkah dasar, dan saya jamin Anda akan komputer akan lebih aman dan jauh lebih dapat diandalkan.

1 comment: