AMOLED, Teknologi Canggih Layar Sentuh Samsung

AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) merupakan layar yang terdiri dari film-film tipis yang mengandung molekul organik yang menghasilkan cahaya apabila dialiri listrik. AMOLED pertama kali diperkenalkan oleh vendor smartphone asal Korea SAMSUNG. Teknologi ini dapat menghasilkan tingkat ketajaman yang tinggi dengan konsumsi daya yang relatif rendah. AMOLED merupakan perpaduan antara teknologi OLED biasa dengan active matrix TFT LCD konvensional. AMOLED juga merupakan pengembangan dari layar OLED pasif biasa yang dapat mengubah setiap pixel dengan efisien dan secara langsung.

Kualitas layar pada smartphone khususnya Samsung yang banyak mengeluarkan tipe smartphone berlayar sentuh, semakin berperan penting dalam menentukan kenyamanan konsumen untuk menikmati berbagai fitur dan layanan yang disediakan seperti game dan aplikasi lainnya. Hal ini tentu saja sangat penting karena sebagian besar smartphone menggunakan layar sentuh. Secara garis besar, ada 2 layar sentuh yang dipakai oleh smartphone sebagai jenis layarnya yaitu layar berjenis LCD (Liquid Crytal Display) dan AMOLED ( Active Matrix Organic Ligt Emmiting Diode). Kedua jenis layar ini yang paling banyak dipakai sebagai layar smartphone yang menggunakan layar sentuh.

Masing-masing jenis layar mempunyai kelebihan dan kekurangannya. LCD merupakan jenis layar yang mempunyai medium kristal cair yang diselipkan diantara panel kaca atau material transparan lainnya. Layar LCD yang mempunyai teknlogi IPS (In Plane Switching), meningkatkan reproduksi warna dan sudut pandang yang lebih luas. Untuk yang berbasis TFT yang banyak digunakan oleh samsung, layar LCD mampu menampilkan warna yang sangat menyala nyata akan tetapi memerlukan lampu penerang tambahan karena sifatnya yang tidak bisa menghasilkan cahaya sendiri.

Disisi lain, AMOLED telah banyak ditanam diberbagai smartphone. AMOLED merupakan jenis layar yang dikeluarkan oleh Samsung. Teknologi layar ini memiliki kelebihan dari layar yang berbasis LCD, diantaraya adalah teknologi layar ini yang tidak memerlukan lampu tambahan atau backlight dan memiliki tingkat kontras yang lebih tinggi dibandingkan LCD. Kelebihan lain dari AMOLED adalah produksi dari ketajaman dan kecerahan yang lebih tinggi dari LCD tetapi konsumsi daya yang digunakan lebih rendah. Tentunya dengan demikian dapat menghemat daya taha batrei smartphone. Varian baru dari AMOLED adalah super AMOLED yang mempunyai tingkat konsumsi daya atau hemat daya hingga 20 persen lebih rendah dibandingkan pendahulunya. Super AMOLED juga dapat mengurangi pantulan cahaya dibawah sinar matahari secara langsung sehingga tetap bisa terbaca walaupun dilihat dari sudut 180 derajat. Kelebihan lainnya yaitu memiliki kontras yang sangat tinggi dan lebih tipis. Smartphone samsung yang menggunakan AMOLED sebagai jenis layarnya diantaranya adalah Samsung Galaxy SIII, S4, S5 dan Samsung Galaxy Note 3.

No comments:

Post a Comment