Tips Menulis Konten Artikel Berkualitas Tinggi Untuk Blog

Tips Menulis Konten Artikel Berkualitas Tinggi Untuk Blog - Tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa setiap orang yang mempunyai hobi blogging pasti berpendapat bahwa “Content is King”, “Content is Spirit of Blog”, dalam bahasa kita, “Konten adalah Raja” atau “Konten adalah Nyawa Blog”. Untuk itu setiap blogger dituntut untuk terus menghasilkan konten untuk kelangsungan hidup blog-nya. Menulis sebuah konten berkualitas untuk blog memang lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Mengembangkan posting blog berperingkat tinggi adalah ilmu yang harus dikuasai jika Anda ingin melayani pembaca Anda dengan konten berkualitas tinggi.

Jika kita bisa menghadirkan sesuatu yang berarti dan dibutuhkan pembaca blog yang sedang mencari solusi atas masalahnya, maka hal ini pasti akan membuat pembaca mencintai blog kita dan blog kita pun akan mendapat peringkat bagus di SERP.

Berikut adalah beberapa tips dan langkah yang diperlukan untuk menghasilkan konten berkualitas tinggi di blog Anda. Dengan asumsi Anda sudah memilih topik Anda sesuai dengan audiens Anda, di sini adalah tips untuk menulis posting blog yang luar biasa.
  • Riset atau Cari untuk topik yang Menarik:

Kita tidak bisa sembarangan memilih topik tertentu untuk diposting ke dalam blog, kita butuh suatu keahlian atau pengetahuan tentang topik apa yang bisa kita pilih menjadi tema blog. Untuk mendapat ide topik blog, kita dapat melakukan penelitian topik blog yang akan kita pakai dengan salah satu metode berikut:

a. Wikipedia: Wikipedia adalah sumber pertama dan paling utama ketika Anda ingin mendapatkan informasi dasar serta data statistik dari suatu subjek. Tapi, kadang-kadang artikel di Wikipedia juga tidak bisa dijadikan patokan pasti yang dpaat dipercaya, karena artikel di Wikipedia masih bisa dimanipulasi oleh pengguna. Dalam kasus ini, Anda dapat menyertakan alat-alat berikut untuk penelitian.

b. Google Scholar: Google Scholar bisa dijadikan sumber lain ketika kita menulis tentang topik yang perlu referensi dari artikel universitas, tesis oleh para ahli dan makalah penelitian lain yang dipublikasikan.

c. Google Books: Mengutip kutipan dan referensi dari buku-buku di bawah domain publik dapat menjadi nilai besar untuk posting blog Anda. Anda dapat memanfaatkan Google Books sebagai sumber informasi untuk posting blog. Proyek Gutenberg adalah koleksi terbesar dari buku gratis yang dapat Anda edit dan digunakan untuk posting blog komersial.

Tempat-tempat lainnya, di mana Anda dapat menemukan pengetahuan tersembunyi untuk menentukan topik blog Anda adalah The Internet Archive, yang memiliki informasi dalam jumlah yang sangat banyak yang kadang-kadang bisa menjadi tambang emas, data Google Public juga merupakan beberapa sumber topik yang bagus berdasarkan niche Anda.
  • Menulis Headline:

Orang memiliki rentang perhatian rata-rata hanya 8 detik dan tidak peduli seberapa menarik posting blog Anda, tidak ada yang akan membacanya jika mereka tidak yakin bahwa itu adalah layak dibaca dalam beberapa detik pertama mereka.

Jadi, Anda harus membuat headline atau judul yang sangat cerdas bahwa mereka hanya membaca mantra pada pembaca Anda. Sebuah headline membosankan dapat mereka kabur keluar walaupun konten yang anda tulis adalah informasi yang sangat bermanfaat.

Demikian pula, judul yang tidak memberikan janji akan menjengkelkan pembaca Anda dan dia tidak akan pernah mempercayai situs Anda lagi. Itulah betapa pentingnya Headline Artikel anda!

  • Gunakan Long Tail Keyword:

Kata kunci atau keyword masih dianggap penting jika Anda ingin mencari traffik dari Search Engine. Namun, memiliki kata kunci yang kurang dari tiga sampai empat kata biasanya masih terlalu umum untuk menarik pembaca secara spesifik.

Misalnya, jika Anda tinggal di Jakarta membidik kata kunci "mobil bekas", kata kunci ini akan bersaing dengan ribuan bahkan ratusan ribu website yang menyediakan informasi mobil bekas. Hal ini akan menjadi masalah manakala pengunjung kita berasal dari luar pulau Jawa, misalnya Sulawesi, bisa dibayangkan pengunjung akan lari dari blog anda karena letaknya yang sangat jauh.

Lain halnya jika anda membidik kata kunci yang lebih spesifik, misalnya “mobil bekas di Jakarta” atau “mobil bekas di Jakarta Selatan”, pengunjung yang datang ke blog anda bisa dipastikan akan menemukan mobil yang dia cari ada di blog anda dan tidak akan mencari blog-blog lain lagi.
  • Internal Linking:

Link Internal yang menghubungkan antar post tidak hanya menambah nilai ke artikel terkait di blog tetapi juga membuat konten Anda lebih relatable dengan menambahkan artikel terkait yang dapat dijadikan rujukan bagi pengunjung saat membaca artikel anda.

Anda setidaknya harus menambah tiga (atau lebih tergantung panjang post) link internal untuk setiap posting Anda.

Yang perlu diperhatikan juga, usahakan mengedit posting lama dan menyertakan link ke artikel terbaru sebagai link internal karena akan membantu dalam peng-indeks-an lebih cepat dari artikel baru dan juga melewati beberapa tahap SEO untuk post yang baru tadi.
  •   On-Page SEO

Disamping posting blog yang berkualitas harus ditujukan untuk para pembaca, sebuah post juga harus “menyenangkan” dimata mesin pencari untuk meningkatkan peringkat suatu blog untuk para pembaca.

On Page SEO juga sangat penting untuk memudahkan Robot Google menemukan artikel di blog anda ketika seseorang mencari sebuah keyword di Search Engine. Sebuah artikel yang berkualitas diharapkan juga dicintai oleh mesin pencari melalui teknik SEO On-Page.

Anda tidak perlu ragu untuk link ke Authority Sites (yang relevan) untuk meningkatkan kualitas SEO. Menghubungkan ke Authority Blog lainnya dapat membuat konten Anda lebih relevan dan dapat dipercaya.

On-Page SEO meliputi Internal Linking (dijelaskan di atas), menambahkan kata kunci yang terkait (Related Keyword), mengoptimalkan gambar untuk mesin pencari dll.

Akhir kata:

Kita tidak perlu menjadi ilmuwan (ahli) untuk menulis posting berkualitas. Tujuan kita dalam membuat artikel harus memberikan nilai kepada pembaca. Selain itu, Kita harus berhati-hati bahwa konten yang kita disajikan benar-benar aman dari algoritma-algoritma mesin pencari Google. Demikian artikel tentang tips bagaimana membuat artikel berkualitas, semoga bermanfaat untuk kita semua.

1 comment: