Google Play Music, Aplikasi pemutar musik dari google untuk para pengguna android

Jika anda berfikir aplikasi ini buatan google, maka jawabannya adalah iya. Google play music adalah sebuah aplikasi pemutar musik resmi dibuat dan dikembangkan oleh google Inc. Aplikasi ini sangat bersih dan nyaman dipandang mata.

Biasanya, aplikasi ini sudah tersedia secara builtin untuk beberapa merk perangkat android. Ukuran installasi file sari aplikasi ini lumayan besar, yaitu hampir mencapai ukuran 20 MB. Dengan aplikasi ini, anda dapat memainkan file musik dengan berbagai format audio, terutama file audio mp3, sehingga anda tidak perlu khawatir jika file audio atau musik di media penyimpanan anda tidak bisa dimainkan. Jika anda tertarik menggunakannya, anda bisa mendownloadnya langsung lewat Google Play Store untuk update terbarunya. Dan anda juga tidak perlu khawatir kalau harus membayar, karena aplikasi ini tersedia secara gratis alias FREE.

Sederhana itu tidak memerlukan fitur canggih

Aplikasi buatan google ini memiliki tampilan yang bersih, yang nyaman untuk dilihat. Di layar utama dari aplikasi ini diisi dengan lagu-lagu yang terakhir dimainkan atau ditambahkan. Jika anda ingin memutar lagu yang ada di media penyimpanan anda, cukup dengan menggeser layar ke kanan, lalu pilih music library, dan anda akan dibawa ke layar utama kembali. Di layar utama, google play akan menampilkan beberapa tabs, yang meliputi tabs playlist, tabs artist, tabs genres, tabs albums, tabs songs.

Tabs playlist berisi daftar lagu yang siap dimainkan. Tabs Albums akan menampilkan seluruh lagu yang di media penyimpanan anda berdasarkan informasi album dari lagu tersebut. Begitu pula dengan yang lainnya, anda bisa pilih Artis, jika anda ingin menampilkan semua lagu berdasarkan orang atau group yang menyanyikan lagu tersebut, Genres untuk menampilkan lagu berdasarkan genre musik dari lagu tersebut. Sayangnya aplikasi ini tidak menyediakan menu (langsung) untuk membuat playlist baru. Jika anda ingin membuat playlist baru, maka anda harus memainkan lagu terlebih dahulu. Setelah anda memainkan lagu (yang ingin dimasukkan ke playlist), sentuh menu yang ada di pojok kanan atas, lalu add to playlist. Pilih new playlist jika ingin membuat playlist baru. Jika tidak, anda hanya perlu memilih playlist yang anda inginkan.

Sebagai aplikasi music player, google play music juga menyediakan equalizer. Tapi equalizer ini bukanlah equalizer builtin, melainkan equalizer dari system android sendiri.

Tampilan yang hanya cocok untuk layar lebar Aplikasi google play ini di desain menggunakan ukuran font medium dengan interface yang cocok untuk semua perangkat android dengan berbagai macam ukuran layar. Hanya saja, tampilan daftar lagunya berbentuk kotak besar dan tidak bisa anda rubah, sehingga pada akhirnya, aplikasi ini hanya cocok untuk perangkat android dengan ukuran layar lebar saja.

No comments:

Post a Comment